Minggu, 29 Mei 2016

Cara Mengatasi Otot Kaki Yang Kaku


cara-mengatasi-otot-kaki-yang-kakuOtot kaki yang kaku memang tidak mengenakkan. Berbagai pergerakan akan terhambat dengan situasi otot kaki yang kaku. Otot kaki yang kaku juga dapat mendatangkan komplikasi penyakit lainnya, seperti rematik, encok hingga gangguan perut dan pernapasan. Oleh karena itu, tidak salah bila sedari dini Anda mengetahui cara mengatasi otot kaki yang kaku.
Cara Melemaskan Otot Kaki
Cara mengatasi otot kaki yang kaku salah satunya dapat dilakukan dengan metode pelemasan. Otot kaki yang kaku atau yang dalam bahasa ilmiah dikenal juga dengan istilah ‘Fibrosis’ umumnya disebabkan oleh pergerakan darah yang kurang lancar. Boleh jadi hal itu dipicu oleh tubuh yang kurang bergerak. Untuk membuat otot kaki agar kembali lentur seperti biasanya dapat dilakukan dengan melakukan dengan dua cara berikut.
1. Pemijatan
Pemijatan dilakukan khusus untuk kasus fibrosis alias otot mengkerut/kaku karena cedera, salah urat dan salah berjalan dapat dilakukan pada beberapa bagian kaki seperti belakang paha, paha depan, lutut, betis, pinggang, pantat, bagian engkel ke bawah serta bagian telapak kaki.
Cara pemijatan yang dianjurkan adalah dengan memijit dan memutar-mutar bagian yang terkena fibrosis. Tujuannya adalah untuk mencairkan darah yang menggumpal pada bagian otot yang mengkerut/kaku tersebut. Pemijatan dapat dilakukan selama beberapa menit, sangat dianjurkan untuk memijat otot kaki yang kaku berawal dari bagian pinggang hingga ke ujung jari. Boleh jadi kekakuan yang dialami otot kaki awalnya bersumber dari tersumbatnya darah pada bagian pinggang, lutut hingga engkel kaki. Sebaiknya cara memijit dilakukan se arah ke bagian badan/kembali ke aliran jantung.
2. Latihan pelemasan
Latihan pelemasan dapat dilakukan sebagai upaya menjaga fleksibelitas otot kaki. Cara ini tergolong kepada pencegahan agar otot kaki tidak kaku. Pelemasan dapat dilakukan sambil berbaring, telungkup, duduk dan berdiri. Cara melakukan peleamasan ini sangat sederhana. Lakukan gerakan peregangan seperti pemanasan biasa selama 15menit per hari.
Cara Melenturkan Otot Paha Belakang (Harmstring)
Kaku pada otot paha belakang paling sering dialami olahragawan, khususnya para pemain bola, pemain badminton, sprinter, senam dan berbagai jenis olahraga yang mengedepankan fungsi kaki sebagai instrumen utama. Apabila Anda mengalami cedera harmstring, maka cara mengobati otot kaki yang kaku pada bagian tersebut adalah berupa pelatihan otot paha belakang secara mandiri. Berikut beberapa langkah pelatihan otot paha belakang tersebut.
1. Melatih kelenturan harmstring dengan handuk
Caranya:
– Baringkan diri di lantai yang datar dengan kedua kaki lurus ke depan dan kedua lengan berada pada kedua sisi tubuh.
– Tekuk lutut kanan lalu biarkan telapak kaki kanan tetap di lantai.
– Kaitkan handuk di telapak kaki kiri yang sebelumnya sudah ditekuk 45%. Pegang kedua ujung handuk tersebut.
– Pelan-pelan, kedua ujung handuk itu ditarik sembari merenggangkan kaki kiri tegak lurus ke atas.
– Anda hanya perlu mengulangi gerakan yang sama untuk kaki yang lain. Lakukan hal ini dalam 10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar